Sejarah Sepak Bola Dunia dan Indonesia

Sejarah Sepak Bola Dunia dan Indonesia beserta 16 Peraturan Pertandingan Sepak Bola

Pada Artikel kali ini kita akan mengupas tuntas semua nya tentang asal usul dan Sejarah Sepak Bola Dunia dan Indonesia beserta 16 peraturan pertandingannya. Sepak bola saat ini merupakan olah raga yang paling digemari di segala penjuru dunia. Sepak bola adalah salah satu cabang olah raga paling populer di kalangan masyarakat di dunia maupun di Indonesia. Sejarah Sepak Bola Dunia maupun Di Indonesia merupakan sebuah permainan yang akhirnya berkembang menjadi sebuah olah raga paling fenomenal.

Pertama-tama kita akan membahas asal usul Sejarah Sepak Bola Dunia terlebih dahulu dengan lengkap. Awal mula sepak bola zaman kuno bermula dari Kerajaan Yunani Kuno yang bernama Episkyros. Permainan Episkyros adalam permaianan bola Yunani Kuno permainan ini dimainkan antara dua tim yang biasanya terdiri dari 12 (dua belas) hingga 14 (empat belas) pemain dengan satu bola dan aturan permainan yang di izinkan menggunakan tangan. Meskipun itu adalah permainan bola, permaianan tersebut orang-orang yang memainkan permainan ini akan bertempur layaknya Sparta.

Tim akan melempar bola melewati kepala tim lainnya. Ada garis putih yang di sebut sebagai Skuros di antara tim dan garis putih di masing-masing belakang tim. Tim yang sering mengganti bola sampai salah satu tim dipaksa di belakang garis di ujungnya.

Di Sparta, sebuah bentuk Episkyros dimainkan selama festival tahunan di kota yang mencakupi lima tim dari 14 (empat belas) pemain dan di mainkan terutama oleh laki-laki, akan tetapi perempuan juga dapat memainkannya. Permainan Episkyros atau permainan serupa yang disebut Phaininda. Meski tidak ada bukti yang cukup jelas mengenai hubungan Episkyros dengan asal usul sepak bola, akan tetapi ada beberapa relief yang menunjukkan hal tersebut, contohnya adalah salah satu gambar relief di bawah ini yang cukup terkenal.

Episkyros Romawi Kuno

Episkyros Romawi Kuno

Dan sejarah sepak bola kuno lainnya di mulai sejak abad ke-2 (dua) dan abad ke-3 (tiga) sebelum masehi di Tiongkok China. Pada masa Dinasti Han tersebut, masyarakat menggiring bola kulit dengan menendangnya ke jaring kecil. Olah raga sepak bola ini digunakan oleh orang-orang pada masa itu agar fisik para tentara China tetap fit dan bugar, sekaligus sebagai hiburan ketika adanya perayaan-perayaan seperti ulang tahun kaisar. Ada pun permainan sepak bola yang ada di pada masa itu disebut sebagai T’su Chu.

T'su Chu Tiongkok China

T’su Chu Tiongkok China

Permainan sepak bola juga menjadi salah satu permainan favorit warga jepang masa lalu. Dimana pada permainan tersebut dimainkan juga dngan cara menggiring bola yang terbuat dari kulit kijang dan permanan tersebut diberi nama Kemari.

Sepak bola negara-negara Eropa, Amerika Utara, Amerika Tengah sampai ke Mesir kuno juga sudah dimainkan dengan bola yang terbuat dari karet. Permainan menendang dan menggiring bola mulai di gemari sejak abada ke-16 (enam belas).

Sepak bola zaman modern mulai berkembang di Negara Eropa dan bermula dari Negara Inggirs dengan menetapkan peraturan-peraturan dasar yang menjadikan sepak bola sangat populer di banyak kalangan masyarakat Inggris. Pada tahun 1365, Raja Edward III dari Inggris melarang memainkan olah raga sepak bola dikarenakan menimbulkan banyak kekerasan yang mengarah pada tindakan-tindakan yang sangat brutal karena tidak memiliki aturan yang sah selama pertandingan. Dan Raja James I dari Negara Skotlandia juga ikut mendukung aksi dari Raja Edward III yang melarang larangan bermain olah raga sepak bola. Akan tetapi pada tahun 1369, Raja Edward III mencabut larangan tersebut dan kembali mengizinkan permainan sepak bola.

Pada tahun 1815 sebuah perkembangan yang sangat pesat menyebabkan olah raga sepak bola menjadi terkenal kembali di lingkungan sekolah, universitas dan wilayah sekitarnya. Kelahiran kembali olah raga sepak bola modern terjadi di Freemasons Tavern pada tahun 1863 ketika 11 (sebelas) sekolah dan klub semuanya berkumpul untuk merumuskan aturan-aturan yang sah pada permainan sepak bola.

Pada Tahun 1869, membawa bola dengan tangan mulai dilarang dalam olah raga sepak bola dan selama tahun 1800-an olah raga tersebut dibawa oleh para pelaut, pedagang dan pasukan tentara Inggris ke berbagai belahan di dunia. Dan pada tahun 1904 terjadi peristiwa penting dimana sebuah Assosiasi tertingi sepak bola dunia terbentuk. Assosiasi tersebut disebut FIFA (Federation Internationale de Football Asociation) dibentuk di negara Prancis dan pada awal tahun tersebut berbagai kompetisi dimainkan di berbagai negara.

Berikut ini adalah peristiwa peristiwa penting dalam sejarah sepak bola dunia :

  1. Asosiasi Sepak Bola Inggris terbentuk pada tahun 1863.
  2. Untuk pertama kalinya pertandingan di luar negara Inggris terjadi, yaitu pertandingan antara Negara Kanada VS Amerika Serikat pada tahun 1885.
  3. Rapat pembentukan Asosiasi Organisasi Sepak bola tahun 1886.
  4. Pemimpin dalam sebuah pertandingan mempunyai kuasa penuh atas pertandingan tersebut adalah seorang Wasit dan hal ini diputuskan pada tahun 1888.
  5. Federation Internationale de Football Asociation atau yang biasanya disebut FIFA terbentuk pada tahun 1904 di Prancis dan anggota pertama FIFA adalah Prancis, Belanda, Belgia, Spanyol, Swedia dan Swiss.

Sejarah Sepak Bola Indonesia

Asal usul sejarah sepak bola Indonesia tidak kalah menarik juga dengan sejarah-sejarah sepak bola yang ada di dunia. Kisah tersebut tidak luput sampai di situ saja, karena pertandingan ini telah masuk ke negara kita Indonesia. Awal mula sepak bola di Indonesia tidak lepas dari cerita-cerita di masa penjajahan Kolonial Belanda. Permainan olah raga sepak bola di Indonesia dimainkan oleh para pemuda Tiongha dan para pemuda asli pribumi Indonesia pada masa itu. Melalui sepak bola juga lah terbentuk beberapa kumpulan di beberapa kota pada masa Hindia Belanda seperti di Surabaya pada tahun 1902, Batavia pada tahun 1904 dan Medan pada tahun 1907.

Tepat di era 1914 sepak bola semakin dikenal di tanah air, dan pada 20 April 1919 Federasi federasi sepakbola yang ada di Indonesia membentuk sebuah Organisasi bernama Nederlandsch-Indische Voetbal Bond atau disingkat NIVB. Organisasi tersebut kemudian diakui secara resmi oleh pemerintah Hindia Belanda pada 20 Oktober 1919 dan juga diakui secara resmi oleh FIFA pada 19 April 1924 kemudian ditetapkan pada 24 Mei 1924. Pada saat itu yang menjadi anggota NIVB ada 7 klub yaitu Surabaya (SBV), Batavia (VBO), Semarang (SVO), Bandung (BVB), Malang, Yogyakarta dan Sukabumi. Pada Tahun 1936 NIVB berubah menjadi Nederlandsch-Indische Voetbal Unie atau disingkat NIVU. Sejak kedatangan Jepang ke Indonesia, organisasi NIVU pun bubar. Tetapi setelah Jepang menyerah dan pergolakan Indonesia pada tahun 1945-1950, NIVU kembali lagi dengan nama ISNIS (Ikatan Sepak raga Negara Indonesia Serikat).

Keterlibatan masyarakat tionghoa pada masa penjajahan kolonial Belanda pun tidak luput dari olah raga sepak bola yang ada pada masa tersebut, bahkan pada masa tersebut etnis tionghoa kerap menjadi andalan ketika Indonesia bertanding di pentas Internasional. Ada pun organisasi sepak bola yang didirikan pada tahun 1927 yang bernama CKHT atau Comite Kampioen Wedstrijden Tiong Hoa. Dari sanalah akhirnya muncul NHVB sebagai organisasi yang menaungi seluruh kelompok sepak bola Tionghoa di Hindia belanda.

Pada era awal kemerdekaan Indonesia, etnis Tionghoa merupakan bintang dalam olah raga sepak bola. Kualitas mereka diakui dan banyak diperlakukan layaknya bintang besar. Klub Persija Jakarta pada saat itu merupakan salah satu klub yang paling banyak dihuni oleh pemain-pemain dari etnis Tionghoa dan klub rival mereka Persib Bandung yang sempat diperkuat oleh Endang Witarsa, yang memiliki nama Tionghoa Lien Soen Joe mendapat julukan Si Kuda Terbang oleh para pendukung klub.

Latif Harris Tanoto atau yang lebih dikenal sebagai Tan Liong Houw merupakan bintang besar dari etnis Tionghoa pada saat itu. Pada masanya, Tan Liong Houw menjadi pujaan tim nasional Indonesia dan klub Persija Jakarta. Bahkan para pendukung Tim Persija memberikan julukan “Macan Betawi” kepadanya walaupun ia berasal dari etnis Tionghoa. Prestasi terbaiknya ketika berhasil membawa Indonesia ke babak perempatfinal Olimpiade di Melbourne pada tahun 1956 sempat menahan imbang Negara Uni Soviet dengan skor 0-0 sebelum akhirnya kalah 0-4 pada partai ulang di hari berikutnya. Ungkapan paling terkenal yang terkenang dari sosok Tan Liong Houw adalah “Jangan tanyakan masalah nasionalisme orang-orang Tionghoa. Kami siap mati di lapangan demi membela Indonesia melalui sepak bola”.

Tan Liong Houw Bertemu Presiden Soekarno

Tan Liong Houw Bertemu Presiden Soekarno

Kembali lagi ke era sebelum kemerdekaan, pada 19 April 1930 oleh Ir Soeratin Sosrosoegondo terpilih menjadi ketua Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia atau yang disingkat PSSI di kota Yogyakarta dengan diikuti oleh ke-7 (tujuh) utusan klub-klub yang di atas. Dalam tangan beliau lah, kegiatan sepak bola mengalami kemajuan baik dan di tangan para pemuda Indonesia yang tangguh hingga melewati beberapa kompetisi secara nasional bahkan ditingkat Internasional sekalipun.

Organisasi tersebut bisa dikatakan realisasi konkret dari Sumpah Pemuda pada tahun 1928. Nasionalisme itu coba dikembangkan melalui olah raga, khususnya sepak bola. Seperti halnya ipar Soeratin, Dr Soetomo yang berkeliling pulau Jawa untuk menemui banyak tokoh dalam rangka menekankan pentingnya pendidikan dan kemudian disusul dengan pendirian Budi Utomo. Soeratin melakukan pertemuan dengan tokoh-tokoh sepak bola pribumi di Solo, Yogyakarta, Magelang, Jakarta dan Bandung. Pertemuan tersebut diadakan dengan cara tersembunyi untuk menghindari sergapan Intel Belanda (PID). Pada 19 April 1930, beberapa tokoh dari berkumpul di Yogyakarta untuk mendirikan PSSI yang pada masa itu masi bernama Persatoean Sepak raga Seloeroeh Indonesia. Istilah “sepak raga” diganti dengan “sepak bola” dalam kongres PSSI di Solo pada tahun 1950. PSSI kemudian melakukan berbagai kompetisi-kompetisi secara rutin sejak tahun 1931, dan ada instruksi secara lisan yang diberikan kepada para pengurus yang berisi “Jika bertanding melawan klub-klub Belanda tidak boleh kalah”. Ir Soeratin menjadi ketua umum organisasi PSSI 11 (sebelas) kali berturut-turut dan pada setiap tahun ia terpilih kembali.

Bapak Sepak bola Nasional Ir Soeratin Sosrosoegondo

Bapak Sepak bola Nasional Ir Soeratin Sosrosoegondo

Kegiatan mengurus PSSI menyebabkan Ir Soeratin keluar dari perusahaan Belanda dan mendirikan usaha sendiri. Setelah Jepang menjajah Indonesia dan perang kemerdekaan terjadi, kehidupan Ir Soeratin menjadi sangat sulit. Rumahnya di obrak abrik oleh tentara Belanda. Ia aktif dalam Tentara Keamanan Rakyat dengan pangkat Letnan Kolonel. Setelah penyerahan kedaulatan, ia menjadi salah seorang pemimpin Djawatan Kereta Api. Jasanya dalam persepak bolaan nasional diabadikan nama trofi yang diperebutkan dalam kompetisi sepak bola junior tingkat nasional yaitu Piala Soeratin.

Hingga saat ini kisah-kisah dari sejarah sepak bola dunia dan Indonesia menjadi bagian terpenting dalam kemajuan di setiap negara dan menjadikan pertandingan yang berlevel tertentu dari tingkat nasional hingga internasional.

Negara Indonesia sebagai Negara Asia Pertama Peserta Piala Dunia 1938

Mengungkap Negara di Asia pertama yang menjadi peserta Piala Dunia membawa kita kembali pada tahun 1938 saat ada pergelaran Piala Dunia yang diselenggarakan di Prancis. Pada saat itu sedang terjadi perang dunia II yang masih berlangsung.

Menurut keterangan dari FIFA, dikala itu Asia dapat mewakili satu wakil dalam perhelatan akbar tersebut. Maka ditunjuklah Negara Jepang sebagai wakil dari Asia. Namun, Negara Jepang mengundurkan diri karena alasan transportasi di panasnya perang dunia pada kala itu.

Timnas Indonesia tahun 1938

Timnas Indonesia tahun 1938

Atas pertimbangan memberikan satu hak untuk wakil dari Asia, maka ditunjuklah Hindia Belanda yang pada saat itu bernama Netherland Indies menjadi tim nasional favorit untuk diberangkatkan ke Prancis. Pada tahun 1938 tim nasional Hindia Belanda yang di naugi oleh PSSI, NIVU dan HNVB.

Berangkatlah Negara Asia pertama peserta Piala Dunia 1938 tersebut ke Prancis. Berikut daftar 17 pemain yang dibawa oleh pelatih Johannes Mastenbroek asal Belanda :

  • Kiper : Tan “Bing” Mo Heng (HCTNH Malang), Jack Samuels (Hercules Batavia)
  • Pemain Belakang  (Bek) : Dorst, J. Harting Houdt Braaf Stand (HBS Soerabaja), Frans G. Hu Kon (Sparta Bandung), Teilherber (Djocoja Djogjakarta)
  • Pemain Tengah (Gelandang) : G.H.V.L Faulhaber (Djocoja Djogjakarta), Frans Alfred Meeng (SVBB Batavia), Achmad Nawir (HBS Soerabaja [Kapten Timnas]), Anwar Sutan (VIOS Batavia), G. Van Den Burgh (SVV Semarang)
  • Pemain Depan (Penyerang) : Tan Hong Djien (Tiong Hoa Soerabaja), Tan See Han (HBS Soerabaja), Isaac “Tjaak” Pattiwael (VV Jong Ambon Tjimahi), Suvarte Soedarmadji (HBS Soerabaja), M.J. Hans Taihuttu Voetbal Vereniging (VV Jong Ambon Tjimahi), R. Telwe (HBS Soerabaja), Herman Zomers (Hercules Batavia)
Achmad Nawir Kapten Timnas Indonesia 1938

Achmad Nawir Kapten Timnas Indonesia 1938

Pertandingan perdana Tim Nasional Hindia Belanda melawan Tim Nasional Hungaria dari Eropa. Kekalahan telak atas Hungaria dengan skor 6-0 membuat Tim Nasional Indonesia langsung tereliminasi dikarenakan saat itu FIFA masi menggunakan sistem gugur. Menjadi Negara Asia pertama yang menjadi peserta Piala Dunia tentu menjadi sejarah tersendiri yang membanggakan bagi sepak bola nasional kita.

Prestasi Terbaik Tim Nasional Indonesia di Sepak Bola Internasional

  1. Tampil sebagai Negara Asia pertama di Piala Dunia pada tahun 1938
  2. Semifinal Asian Games pada tahun 1954
  3. Menahan imbang Uni Soviet pada Perempatfinal Olimpiade Melbourne pada tahun 1956
  4. Mendapat medali perunggu pada Asian Games pada tahun 1958
  5. Juara Turnamen Merdeka pada tahun 1961
  6. Juara Turmanen Merdeka pada tahun 1962
  7. Juara Piala Raja pada tahun 1968
  8. Juara Turmanen Merdeka pada tahun 1969
  9. Juara Pesta Sukan padatahun 1972
  10. Semifinal SEA Games pada tahun 1977
  11. Mendapat medali perak SEA Games pada tahun 1979
  12. Mendapat medalu perunggu SEA Games pada tahun 1981
  13. Semifinal SEA Games pada tahun 1985
  14. Semifinal Asian Games pada tahun 1986
  15. Juara Piala Kemerderkaan pada tahun 1987
  16. Juara SEA Games pada tahun 1987
  17. Mendapat medali perunggu SEA Games pada tahun 1989
  18. Juara SEA Games pada tahun 1991
  19. Semifinal SEA Games pada tahun 1993
  20. Mendapat medali perak SEA Games pada tahun 1997
  21. Mendapat medali perunggu SEA Games pada tahun 1999
  22. Finalis Piala Tiger pada tahun 2000
  23. Finalis Piala Tiger pada tahun 2002
  24. Finalis Piala Tiger pada tahun 2004
  25. Finalis Piala AFF pada tahun 2010
  26. Mendapat medali perak SEA Games pada tahun 2011
  27. Mendapat medali perak SEA Games pada tahun 2013

Pengertian Sepak Bola

Sepak Bola terdiri dari dua suku kata yaitu “Sepak” dan “Bola“. Sepak bisa diartikan menyepak atau menendang menggunakan kaki, sedangkan Bola adalah alat untuk permainan yang memiliki bentuk bulat dan terbuat dari bahan karet atau kulit mau pun bahan lainnya. Jadi secara singkatnya pengertian sepak bola dalam arti luas adalah permaian yang dilakukan dengan cara menendang bola oleh pemain dengan sasaran gawang dan bertujuan memasukkan bola ke dalam gawang.

Sepak Bola secara umum dapat di artikan sebagai cabang olah raga yang dimainkan oleh 2 (dua) tim yang masing-masing beranggotakan 11 (sebelas) orang pemain inti dan beberapa pemain cadangan lainnya. Sepak bola bertujuan mencetak gol sebanyak-banyaknya dengan menggunakan bola ke gawang lawan dan sepak bola juga dapat dimainkan di dalam mau pun di luar lapangan terbuka yang berbentuk persegi panjang di atas rumput alami mau pun rumput sintetis.

Secara umum hanya penjaga gawang atau yang lebih dikenal sebagai Kiper saja yang berhak menyentuh bola dengan tangan atau lengan di dalam daerah sekitar gawang (kotak penalti). Sedangkan 10 (sepuluh) pemain lainnya di izinkan menggunakan seluruh tubuhnya selain tangan maupun lengan. Biasanya menggunakan kaki untuk menggiring dan menendang bola, menggunakan dada untuk mengontrol bola dan menggunakan kepala untuk menyundul bola.

Tim yang mencetal gol paling banyak pada akhir pertandingan yang berhak menjadi pemenang dan jika hingga akhir waktu pertandingan masi berakhir dengan kedudukan imbang atau seri maka akan dilakukan undian perpanjangan waktu. Jika pertandingan pada perpanjangan waktu juga masi berakhir imbang maka akan diakhiri dengan tendangan adu penalti, tergantung dari penyelenggara pertandingan atau pun kejuaraan.

Jika sebuah pertandingan resmi, tim yang menang berhak mendapatkan 3 poin, 1 poin kepada masing-masing tim yang bermain seri atau imbang dan 0 poin kepada tim yang kalah pada pertandingan. Dan 1 hal lagi yang dapat terjadi pada pertandingan sepak bola, sebuah tim dapat memenangkan sebuah pertandingan secara otomatis tanpa bertanding jika ada salah satu tim yang mengundurkan diri (walk out) dari pertandingan, dan skor 3-0 akan diberikan kepada tim ynag menang pada pertandingan tersebut.

Peraturan pertandingan secara umum diperbaharui setiap tahunnya oleh induk organisasi sepak bola tertinggi di dunia, Federation Internationale de Football Asociation atau yang biasanya diberi singkatan FIFA dan FIFA juga lah yang menyelenggarakan Piala Dunia setiap 4 (empat) tahun sekali. Dan pada tahun 2018 ini akan diadakan kejuaraan terbesar ke-21 sepanjang sejarah sepak bola yaitu Piala Dunia 2018 Rusia.

Piala Dunia Rusia 2018

Piala Dunia Rusia 2018

Federation Internationale de Football Asociation (FIFA)

Federation Internationale de Football Asociation atau yang lebih dikenal dengan sebutan FIFA didirikan pada tahun 1904 di Negara Prancis, Federation Internationale de Football Asociation (FIFA) memiliki slogan “FOR THE GAME, FOR THE WORLD“. FIFA adalah badan internasional pengatur sepak bola, FIFA juga mempromosikan olah raga sepak bola, mengatur transfer-transfer pemain antar klub, memberikan gelar kepada klub mau pun pemain sepak bola terbaik di dunia serta menerbitkan daftar peringkat-peringkat dunia FIFA setiap bulannya.

Federation Internationale de Football Asociation

Federation Internationale de Football Asociation

Markas Federation Internationale de Football Asociation (FIFA) terletak di Zurich, Swiss. Federation Internationale de Football Asociation (FIFA) memberikan kode tiga huruf (Tigram FIFA) kepada negara-negara anggota dan negara-negara non-anggota FIFA. Sampai saat ini terdaftar 209 negara yang tergabung dalam anggota FIFA. Kompetisi terpenting yang diadakan FIFA yaitu ajang pertandingan dari negara-negara dari seluruh dunia atau yang lebih kita kenal sebagai Piala Dunia atau FIFA World Cup. Pada Final Piala Dunia merupakan tontonan yang paling digemari melebihi turnamen Olimpiade. Stasiun TV BBC merupakan stasiun TV yang pertama kali menayangkan acara sepak bola pada tahun 1938 dan pada tahun 1966 dengan fitur tayangan ulang pada setiap pertandingan sepak bola. Kemudian FIFA mendirikan beberapa badan assosiasi regional dari setiap benua yang terdiri atas beberapa negara.

Berikut ini adalah badan badan assosiasi yang didirikan oleh FIFA dari setiap benua :

  • UEFA atau Union of European Associations. Didirikan pada 15 Juni 1954 dendan 55 anggota yang menaungi negara-negara Eropa. Turnamen utama yang diadakan oleh assosiasi UEFA adalah UEFA European Championship atau yang lebih kita kenal dengan Piala EURO.
  • CONMEBOL atau Confederación Sudamericana de Fútbol. Didirikan pada 9 Juli 1916 dengan 10 anggota yang menaungi negara-negara di Amerika Selatan atau Amerika Latin. Turnamen yang diadakan oleh assosiasi CONMEBOL adalah Copa América.
  • CONCACAF atau Confederation of North, Central American anda Caribbean Association Football.  Didirikan pada 18 September 1961 dengan 41 anggota yang menaungi negara-negara di Amerika Utara, Amerika Tengah, Karibia. Turnamen yang diadakan oleh assosiasi CONCACAF adalah Concacaf Gold Cup.
  • CAF atau Confederation Africaine de Football. Didirikan pada 10 Februari 1957 dengan 56 anggota yang menaungi negara-negera di Benua Afrika. Turnamen utama yang diadakan oleh assosiasi CAF adalah African Cup of Nations atau yang lebih kita kenal dengan Piala Afrika.
  • AFC atau Asian Football Confederation. Didirikan pada 8 Mei 1954 dengan 47 anggota yang menaungi negara-negara di Benua Asia. Turnamen yang diadakan oleh assosiasi AFC adalah Asian Cup atau yang kita kenal sebagai Piala Asia.
  • OFC atau Oceania Football Confederation. Didirikan pada tahun 1966 dengan 14 anggota yang menaungi negara-negara di Oseania. Turnamen yang diadakan oleh assosiasi OFC adalah OFC Nations Cup.

Sejak masa-masa awal pembentukan FIFA tersebut, sepak bola di dunia semakin maju dan berbagai kompetisi-kompetiso yang diadakan mulai semakin teratur dan semakin beragam.

Pada tahun 1977 dan 1985 FIFA pertama kali mengadakan turnamen untuk pemain-pemain muda di bawah 17 tahun dan di bawah 20 tahun.

Pada tahun 1991 FIFA mengadakan turnamen sepak bola wanita pertama di Negara China dan pada tahun 1989 FIFA mengadakan kompetisi Futsal pertama. FIFA sejak era-era tersebut terus menciptakan berbagai inovasi baru sehingga olah raga sepak bola menjadi permainan yang sangat terkenal sampai hari ini.

Tim Nasional Indonesia U-16

Tim Nasional Indonesia U-16

16 Peraturan Dalam Permainan Sepak Bola

Peraturan dalam permainan sepak bola diresmikan oleh IFAB (International Football Association Board) yang terdiri dari satu perwakilan Assosiasi Sepak Bola Skotlandia, Assosiasi Sepak Bola Wales, Assosiasi Sepak Bola Irlandia, The Football Assosiation dan empat wakil dari FIFA (Federation Internationale de Football Asociation).

1. Lapangan Sepak Bola

Lapangan yang digunakan dalam permainan sepak bola adalah lapangan yang berbentuk persegi panjang dengan rumput alami atau pun rumput sintetis. Panjang dari lapangan adalah 100-110 meter dan lebar 64- 75 meter. Dibagian ujung lapangan terdapat gawang berbentuk persegi empat dengan lebar 7,32 meter dan tinggi 2,44 meter. Dibagian depan gawang terdapat area kotak penalti dengan jarak 16,5 meter dari gawang. Arena ini merupakan batas kita untuk boleh menangkap bola menggunakan tangan dan terdapat juga zona pergantian pemain yang terdapat di sisi garis tengah lapangan.

2. Bola

Bola yang digunakan dalam bermain sepak bola adalah yang berbentuk bulat dan memiliki keliling bola 68-70 cm (27-28 inchi). Bola yang digunakan terbuat dari karet atau karet sintetis (karet buatan). Berat bola dari awal permainan 410-450 gram (14-16 ons) dan memiliki tekanan udara 0,60 -0,70 atmosfer. Jika bola saat digunakan untuk bermain mengalami kerusakan, maka harus diganti dengan bola cadangan dan diletakkan pada posisi sebelumnya. Ada 5 macam karakteristik dan ukuran masing-masing bola, yaitu :

  • Bola ukuran 5. Bola ukuran 5 digunakan untuk pemain sepak bola yang berusia 12 tahun keatas. Bola ukuran 5 memiliki keliling 68-70 cm (27-28 inci) dan berat bola 410-450 gram (14-16 ons).
  • Bola Ukuran 4. Bola ukuran 4 digunakan untuk pemain sepak bola yang berusia 8 sampai 12 tahun. Bola ukuran 4 memiliki keliling 64-66 cm (25-26 inci) dan berat bola 348-468 gram (12-13 ons).
  • Bola ukuran 3. Bola ukuran 3 digunakan untuk pemain sepak bola yang berusia dibawah 8 tahun. Bola berukuran 3 memiliki keliling bola 58-61 cm (23-24 inchi) dan berat bola 312-340 gram (11-12 ons).
  • Bola ukuran 2. Bola ukuran 2 biasa digunakan untuk pertandingan promosi.
  • Bola ukuran 1. Bola ukuran 1 biasa digunakan untuk pertandingan promosi.

3. Pemain Sepak Bola

Dalam permainan sepak bola terdapat 11 orang pemain dan maksimal 12 orang pemain cadangan. Dalam aturan yang dibuat FIFA pergantian pemain dalam sebuah tim hanya dilakukan sebanyak 3 kali. Namun untuk pertandingan nasional bisa melakukan pergantian pemain sebanyak 7 kali. Kapten tim adalah jabatan  seseorang yang terpilih diantara pemain yang bertugas memimpin dan mengoordinasi para pemain agar bermain secara tim dilapangan. Berikut pemain dalam pemain sepak bola beserta tugasnya yaitu :

1. Penjaga Gawang atau Goal Keeper 

Penjaga gawang atau Goal Keeper adalah satu-satunya pemain yang dapat menggunakan tangan untuk menghalangi bola yang akan masuk ke dalam gawang dari serangan tim lawan. Posisi yang harus diduduki seorang penjaga gawang adalah orang yang berbadan tinggi dan besar. Penjaga gawang juga harus mempunyai tendangan yang kuat untuk melempar atau mengarahkan bola kepada teman satu tim dan tidak melakukan kesalahan yang dapat merugikan timnya, seperti mengulur waktu untuk menendang bola atau membagi bola ke tim lawan.

2. Pemain Bertahan atau Bek

Tugas dari bek ini adalah untuk menjaga dan melindungi kiper ketika menguasai bola, mencegah serangan dari lawan serta memblock tembakan dari pemain-pemain lawan. Posisi pemain bertahan atau bek harus kuat, fit, pekerja keras, sigap dan dapat bergerak cepat dalam mengantisipasi pergerakan lawan. Berikut ada 4 (empat) posisi sebagai pemain bertahan dalam sebuah pertandingan sepak bola :

  • Bek tengah atau Center-Back. Tugas dari Bek Tengah ini adalah menjaga daerah tengah pertahanan. Pemain bek tengah selalu berada dibagian belakang formasi bersama dengan kiper untuk mencegah terjadinya gol.
  • Bek Sayap atau Wings-Back. Bek sayap dibagi menjadi 2 yaitu bek sayap kanan dan bek sayap kiri. Tugas dari bek sayap ini adalah menjaga daerah pertahanan disayap kanan dan kiri. sesekali bek sayap akan maju untuk membantu penyerangan tim dari daerah sayap dengan memberikan umpan atau pengoperan.
  • Penyapu atau Sweeper. Posisi penyapu ini tepat berada di depan kiper atau penjaga gawang. Seorang Sweeper tidak perlu memiliki kemampuan atau teknik spesial karena tugas dari pemain sweeper ini adalah mengawasi dan mendeteksi bahaya bola yang akan masuk ke gawang lalu segera menghalang serta menyapunya.
3. Gelandang / Midfielder

Posisi pemain gelandang berada di antara para bek dan penyerang. Tugas dari gelandang ini adalah mencegah agar serangan lawan tidak sampai ke wilayah pertahanan tim dan juga menggiring bola sampai ke depan untuk diberikan atau mengoper kepada penyerang atau pun dapat langsung mencetak gol jika ada kesempatan. Gelandang dibagi menjadi 4 (empat) yaitu Gelandang Bertahan, Gelandang Tengah, Gelandang Sayap dan Playmaker atau pengatur serangan.

  • Gelandang Bertahan atau Defensive Midfielder. Gelandang bertahan secara taktik berada pada jantung transisi permainan. Secara posisi tepat di tengah lapangan. Gelandang bertahan juga biasanya bertugas sebagai perusak, jangkar permainan dan gelandang pengendali permainan.
  • Gelandang Tengah atau Center Midfielder. Gelandang tengah berfungsi sebagai penjaga penguasaan bola serta memberikan umpan bola kepada penyerang. Gelandang tengah merupakan motor serangan tim dan diharapkan mempunya teknik tinggi untuk mendukung tugasnya di dalam tim.
  • Gelandang Sayap atau Winger. Gelandang sayap merupakan pemain gelandang yang memainkan peranan nya di sisi kanan atau pun kiri lapangan. Biasanya tugas dari Winger adalah menyisir sisi lapangan dan memberikan umpan silang kepada penyerang
  • Gelandang Serang atau Playmaker. Playmaker merupakan pengatur permaian di dalam tim, yang lebih sering mengatur alur serangan. Biasanya posisi playmake berada tepat di belakang penyerang tengah. Namun saat ini tidak semuanya Playmaker berada di belakang Striker, sejak Andrea Pirlo ditempatkan sebagai gelandang bertahan akan tetapi di posisi nya tersebut Pirlo masih bertugas sebagai Deep Playmaker dan posisi ini menjadi lebih bervariasi.
4. Penyerang / Forward

Penyerang atau Forward adalah pemain yang paling dekat posisi nya dengan gawang tim lawan dan tugas utama dari penyerang adalah menciptakan gol. Ada 4 hal yang harus dimiliki seorang pemain penyerang yaitu teknik, kecepatan, keahlian dan insting atau naluri mencetak goal yang kuat. Penyerang atau Forward dibagi menjadi 2  bagian sesuai posisi dan tugasnya.

  • Penyerang Tengah atau Center Forward. Penyerang tengah biasa dikenal sebagai Striker yang bertugas menciptakan gol dari umpan-umpan yang diberikan oleh rekan se-timnya atau pun dari skill individualnya. Tugas lainnya juga untuk mengecoh lawan agar dapat memberikan ruang untuk gelandang dan pemain sayap dengan cara mengalihkan perhatian pemain lawan.
  • Penyerang Sayap atau Wings Forward. Tugas dari penyerang sayap adalah membantu serangan dari sektor sayap dan memberikan umpan-umpan kepada striker agar striker dapat mencetak gol. Adapun tugas penyerang sayap adalah mencetak gol jika mendapatkan peluang yang bagus.

4. Perlengkapan Permainan Sepak Bola

  • Kaos atau Jersey. Penggunaan kaos atau jersey sudah diberlakukan sejak tahun 1954. Jersey harus terbuat dari bahan yang dapat menyerap keringat saat melakukan pertandingan sepak bola. Setiap klub bola mempunyai beberapa jenis jersey untuk beberapa musim. Warna dari jersey juga harus berbedadari klub yang satu dengan klub yang lain, karena jika memiliki warna yang sama saat bertanding tidak dapat membedakan mana rekan tim dan mana tim lawan.
  • Kaos Kaki merupakan perlengkapan penting saat pertandingan sepak bola. Kaos kaki digunakan agar terhindar dari cidera dan tempat untuk menggunakan pelindung tulang kering atau disebut dengan shinguards. Kaos kaki dalam satu tim harus digunakan dengan warna yang sama.
  • Celana Pendek. Bahan dasar yang digunakan celana pendek dalam permainan sepak bola sama seperti jersey, harus dapat menyerap keringat. Warna celana setiap klub harus sama, agar terhindar dari salah dalam membedakan rekan tim dan tim lawan.
  • Sarung Tangan hanya digunakan oleh pemain penjaga gawang atau kiper. Sarung tangan dibuat oleh bahan sedemikian rupa agar memudahkan penjaga gawang saat menangkap bola dan melindungi tangan dari kerasnya hantaman bola dari pemain lawan.
  • Sepatu Sepak Bola berbeda dengan sepatu-sepatu olah raga lainnya. Sepatu dalam olah raga sepak bola telah menjadi faktor integral untuk mendukung keterampilan pemain dalam sepak bola dalam mencetak gol. Sepertinya sepatu sepak bola saat ini telat di design sedemikian rupa untuk dapat memenuhi keinginan si pemain, ditambah lagi faktor kecepatan yang juga memegang peranan penting karena di era sepak bola modern saat ini terkadang kemenangan ditentukan hanya dalam jarak beberapa milimeter atau waktu sepersekian detik dari kecepatan berlari pemain.

5. Wasit

Wasit merupakan pengatur dan pengukur waktu pada pertandingan resmi. Ada pun tugas dari wasit adalah sebagai berikut :

  • Mengendalikan jalannya pertandingan sepak bola
  • Memastikan bola yang dipakai dalam pertandingan sesuai dengan standart persyaratan yang ditentukan
  • Memastikan bahwa ketua tim telah lengkap dengan 11 (sebelas) orang pemain
  • Memastikan bahwa kedua tim memakai jersey dengan warna yang sama dan lengkap sesuai dengan semua atribut untuk melakukan pertandingan
  • Mengatur waktu dan mencatat semua proses pertandingan
  • Menunda, menghentikan atau mengakhiri jalannya pertandingan apabila dalam pertandingan terjadi gangguan dari pihak-pihak luar seperti kerusuhan penonton mau pun lainnya
  • Menunda, menghentikan atau mengakhiri jalannya pertandingan apabila pemain dari salah satu tim yang bertanding mengalami cidera yang parah
  • Menunda, menghentikan atau mengakhiri jalannya pertandingan apabila terjadi pelanggaran dalam pertandingan sepak bola

6. Hakim Garis (Lines Man)

Seorang wasit dibantu oleh 2 orang yang disebut dengan Asisten wasit atau yang biasa kita kenal sebagai Hakim Garis / Lines Man, karena seorang wasit saja tidak mampu untuk mengontrol jalannya pertandingan. Hakim Garis bertugas membawa bendera yang berfungsi untuk menandakan jika terjadinya pelanggaran, offside, bola keluar dan tendangan sudut. Penggunaan 4 hakim harus pernah dicoba dalam Piala Dunia 2010 dimana 2 diantaranya berada digaris yang posisi nya sejajar dengan gawang.

7. Waktu Pertandingan

Lama pertandingan dalam permainan sepak bola normal adalah 2×45 menit, ditambah waktu istirahat selama 10 sampai 15 menit diantara kedua babak. Jika kedudukan imbang sampai akhir pertandingan, maka akan diadakan perpanjangan waktu selama 2×15 menit. Namun jika sampai akhir pertandingan perpanjangan waktu kedudukan kedua tim masih berimbang atau seri, maka akan diadakan babak adu penalti. Wasit dapat menentukan berapa waktu tambahan di setiap akhir babak sebagai pengganti dari waktu yang hilang akibat pelanggaran yang menyebabkan cidera pemain, pergantian pemain mau pun penghentian lainnya. Waktu tambahan ini disebut sebagai Stoppage Time / Injury Time.

Gol yang dicetak dalam perpanjangan waktu akan dihitung menjadi skor akhir pertandingan, sedangkan gold dari adu penalti hanya menentukan apabila suatu tim dapat melaju ke pertandingan selanjutnya atau pun tidak (tidak mempengaruhi skor akhir). Pada akhir tahun 1990-an, International Football Association Board (IFAB) memberlakukan sistem gol emas (golden gol) atau gol perak (silver gol) untuk menyelesaikan pertandingan. Dalam sistem gol emas, tim yang pertama kali mencetak gol saat perpanjangan waktu berlangsung akan langsung menjadi pemenang pertandingan. Sedangkan dalam gol perak, tim yang memimpin pada akhir babak perpanjangan waktu pertama akan keluar sebagai pemenang. Kedua sistem tersebut saat ini sudah tidak digunakan lagi atau sudah ditiadakan oleh IFAB.

8. Kick Off

Kick Off atau biasanya kita sebut dengan tendangan pembuka pertandingan. Kick Off dilakukan pada saat :

  • Ketika pertandingan sepak bola dimulai
  • Ketika sesudah terjadinya gol
  • Ketika babak kedua pertandingan dimulai
  • Ketika babak perpanjangan waktu pertandingan dimulai

9. Bola Keluar (Out Ball)

Bola Keluar atau Out Ball terjadi saat bola melayang atau menggelinding melewati garis lapangan atau garis gawang. Ketika bola keluar maka yang biasa dilakukan adalah melakukan lemparan ke dalam. Namun saat bola keluar melewati garis gawang dan mengenai pihak tim lawan maka yang akan dilakukan adalah tendangan sudut. Apabila ada pemain yang cidera, wasit berhak untuk mengeluarkan bola dari lapangan pertandingan sepak bola.

10. Offside dan Onside

Offside terjadi apabila salah satu pemain mengoper bola kepada pemain lainnya tetapi berada sedikit didepan bek pertahanan tim lawan. Namun kebalikan dari onside adalah salah satu pemain mengoper bola ke pemain lain sedikit dibelakang bek pertahanan tim lawan. Hakim Garis atau Lines Man adalah orang yang menentukan offside atau pun onside dengan cara mengangkat bendera ke atas. Kadang offside menjadi kontroversi sendiri antara wasit dengan pemain, karena terkadang hakim garis juga bisa salah dalam menentukan kondisi offside.

11. Lemparan ke Dalam (Throw In)

Lemparan ke dalam dilakukan saat bola melewati garis lapangan. Pemain yang melakukan lemparan ke dalam adalah pemain tim yang tidak menyentuh bola dari lapangan. Dalam melakukan lemparan, pemain dilarang untuk mengulur waktu dan juga mengangkat kakinya.

12. Tendangan Sudut (Corner Kick)

Tendangan sudut dilakukan jika bola keluar melewati garis gawang yang disebabkan jika pemain lawan menyentuh bola keluar dari garis yang sejajar dengan gawang dan tendangan akan dilakukan oleh pemain lawan lainnya. Letak tendangan sudut sesuai dengan garis keluarnya bola disebelah kanan atau kiri gawang.

13. Peraturan Pergantian Pemain

Dalam peraturan FIFA menyebutkan bahwa pergantian pemain dalam pertandingan resmi hanya sebanyak 3 kali saja. Namun saat melakukan pertandingan persahabatan pergantian pemain dapat dilakukan hingga berkali-kali.

14. Pelanggaran dan Hukuman dalam Pertandingan

Apabila pemain melakukan pelanggaran yang cukup keras maka wasit dapat memberikan peringatan dngan kartu kuning mau pun kartu merah. Pertandingan akan dihentikan sesaat setelah wasit meniup peluit tanda pelanggaran dan wasit menunjukkan kartu di depan pemain yang melanggar kemudian mencatat namanya. Kartu kuning merupakan peringatan atas pelanggaran seperti bersikap tidak sportif, secara terus menerus melanggar pemain lawan, berselisih kata-kata atau tindakan, menunda memulai kembalinya pertandingan, keluar masuk pertandingan tanpa persetujuan dari wasit atau pun tidak menjaga jarak dari pemain lawan yang sedang melakukan tendangan bebas atau lemparan ke dalam. Pemain yang menerima dua kartu kuning dalam satu pertandingan akan mendapatkan kartu merah / red card yang berarti keluar dari lapangan pertanadingan. Pemain yang mendapat kartu kuning sebanyak 3 kali dalam pertandingan yang berbeda maka tidak diperbolehkan mengikuti pertandingan berikutnya di kompetisi yang sama.

Pemain yang mendapatkan kartu merah atau red card harus keluar dari jalannya pertandingan tanpa bisa digantikan oleh pemain lainnya. Beberapa contoh tindakan yang dapat diganjar kartu merah / red card adalah pelanggaran berat yang dapat membahayakan atau menyebabkan cidera parah pada lawan, meludahi lawan, melakukan kekerasan, bersikap rasis, melanggar lawan yang berusaha mencetak gol, sengaja menyentuh bola dengan tangan untuk mencegah gol bagi semua pemain terkecuali penjaga gawang, menggunakan bahasa atau gerak tubuh yg cenderung menantang dan menghina lawan dan pemain berposisi penjaga gawang dengan sengaja melakukan hands ball di luar kotak penalti.

Kartu Merah / Red Card

Kartu Merah / Red Card

15. Tendangan Bebas (Free Kick)

Tendangan bebas terjadi karena suatu pelanggaran yang keras. Ada dua jenis tendangan bebas, yaitu :

  • Tendangan Bebas Langsung adalah tendangan bebas yang dilakukan dengan menendang bola langsung menuju gawang lawan.
  • Tendangan Bebas Tidak Langsung adalah tendangan bebas yang dilakukan menendang bola atau mengoper kepada rekan satu tim terlebih dahulu.

Berikut simak sejenak video Gol-gol free kick yang paling terkenal.

16. Tendangan Penalti (Penalty Kick)

Tendangan pinalti dilakukan saat pemain dari tim lawan melakukan pelanggaran di dalam kotak pinalti, hands ball, menjatuhkan pemain lawan dengan sengaja dan pelanggaran lainnya. Salah seorang pemain akan ditunjuk untuk mengeksekusi bola menuju gawang. Tendangan dilakukan pada jarak 16,5 meter dari gawang. Terdapat beberapa teknik dalam tendangan penalti yang langka diterapkan seperti menendang bola pelan untuk kemudian ditendang oleh pemain lain ke arah gawang dan salah satu teknik tendangan penalty paling terkenal adalah tendangan Panenka.

Berikut mari kita saksikan video beberapa tendangan panenka yang dilakukan oleh pemain-pemain anyar masa kini.

Tendangan Panenka pertama kali dilakukan oleh seorang pemain asal Ceko, Antonin Panenka yang mempresentasikan teknik ini ke dunia di Final kejuaraan Eropa UEFA 1976. Tendangan tersebut dilakukan ketika mengalahkan penjaga gawang Jerman Sepp Maier dan gol dari tendangan panenka tersebut langsung memberikan gelar Piala Eropa untuk tim nasional Cekoslovakia. Saat ini Tendangan Panenka telah digunakan oleh sebagian besar pemain-pemain terkenal dimasa kini.

Terlebih lagi banyak bintang-bintang sepak bola kelas dunia saat ini yang melakukan selebrasi unik dan lucu setelah mencetak gol ke gawang lawannya dengan cara berbeda dari selebrasi-selebrasi gol pemain lainnya.

Selebrasi Gol Paulo Dybala

Selebrasi Gol Paulo Dybala

Jika kita melihat perjalanan sejarah sepak bola memang menemui jalan yang sangat panjang dan sepak bola juga sudah menjadi kegiatan yang sangat terkenal sampai saat ini. Sepak bola memiliki banyak penggemar dan pendukung dari masing-masing klub dari berbagai kalangan. Demikianlah artikel sejarah sepak bola dunia dan di Indonesia, pengertian sepak bola secara umum dan 18 peraturan dalam olah raga sepak bola. Semoga artikel sejarah sepak bola ini dapat menambah pengetahuan para pecinta bola di tanah air.

Terima Kasih dan Salam JASAPREDIKSI.

 

Tinggalkan Balasan